Kupu-Kupu

Konon kupu-kupu sebagai pembawa berita atau penyampai pesan adalah fenomena bahasa alam…

That`s so sweet… ada bahasa alam, ada bahasa tubuh, ada bahasa kalbu dan banyak lagi yang lainnya. Betapa manusia begitu kecil di antara jagad semesta alam ini, just like a nut shell in the universe…

kp

Kebetulan saya suka kupu-kupu, bukan untuk di koleksi, melainkan saya merasa memiliki kedekatan emosional dengannya, saya merasa beruntung mendapatkan pengalaman yang mengesankan dengan kehadiran kupu-kupu di sekitar alam ini…

1. Dulu waktu kecil, kalau ada kupu-kupu masuk rumah itu pertanda akan ada tamu atau saudara jauh yang akan datang, percaya nggak percaya 99% selalu menjadi kenyataan.

images (98)

Walau di sekolah dasar di ajarkan nggak boleh mempercayai yang gitu-gitu, tapi untuk yang satu ini saya lebih mempercayai kupu-kupu ketimbang para guru-guru.

2. Waktu saya mengundang keluarga untuk berkunjung kesini, dua hari sebelumnya ada dua kupu-kupu kuning yang berterbangan menari-nari di dapur, pertanda dua keponakan saya yang lucu ikut serta.

images (99)

3. Pernah ada kupu-kupu warna coklat tersesat masuk ke dalam rumah, sepertinya ia mencari jalan untuk keluar, karena kasihan saya buka pintu supaya ia bisa bebas terbang ke alam lagi, tetapi ia nggak mau keluar dan hanya mau berterbangan di jendela saja, esoknya saya mendapatinya mati di balik korden.

images (97)

Awalnya tak ada firasat apapun… tapi ternyata, tidak lama kemudian, jelang beberapa hari ada suatu kejadian yang tidak mengenakkan.

4. Yang paling mengesankan adalah ketika saya membaca novel karangan Pramoedya Ananta Toer yang berjudul ‘Bumi Manusia’ kira-kira setahun yang lalu, pada suatu sore di kamar, kupu-kupu itu menari-nari mengelilingi saya, lalu hinggap tepat di jari telunjuk saya yang sedang memegang buku tanpa canggung atau takut…

unduhan (14)

Saya takjub dan tersenyum-senyum di buatnya… kok tidak takut ya? batin saya… lalu ketika saya ingin membuka halaman berikutnya, dengan hati-hati saya membalik buku… eh, ternyata si kupu-kupu itu tetep setia memegangi jari saya… biasanya kan kupu-kupu akan mabur kalau kita bergerak atau mencoba mendekatinya…

images (96)edit1

Tak terasa hingga berlembar-lembar halaman saya baca novel itu, si kupu-kupu tetep setia di jari saya… hingga menjelang malam lalu kupu-kupu itupun terbang ke langit-langit kamar, dia diam di situ lama sekali, seakan ingin menemani saya membaca novel hingga tertidur. keesokan harinya kupu-kupu itu sudah tak tampak lagi, sepertinya ia sudah terbang keluar menuju alam bebas setelah seharian menemani saya :)…

Terima kasih kupu-kupu

imageskk

Salam alam semesta,

Diary Dewi

***

Advertisements

19 thoughts on “Kupu-Kupu

  1. Menambah pengalaman pribadi tentang Kupu2 sebagai ilmu Titen,
    Jika yang masuk rumah kupu2 dengan warna cerah seperti kuning hijau biru orange biasanya akan kedatangan tamu baik. namun jika warna kupu2 coklat tua atau hitam umumnya akan ada berita yang kurang baik bisa ada saudara meninggal atau jika ada tamu dia bisa dikatogarikan tamu yang tidak baik/jahat. monggo dititeni. hal ini sama dengan burung gagak jika hinggap di halaman rumah sebagai pertanda ada saudara yang meninggal (berdasar pengalaman pribadi berkali2)
    Jika kita punya leluhur yang sudah meninggal dan jika beliau menyambangi anak cucunya tentu ada cara2 pemberitahuan kedatangannya dengan bermacam2 tanda khusus,
    untuk leluhur saya khususnya eyang putri, jika nyambangi akan ada pemberitahuan dengan adanya kupu2 berputar2 diatas kita dan badan kita terasa merinding. jika kita komunikasi secara bathin dan minta untuk disentuhnya sang kupu2 akan menyentuh jari kita dan tidak terbang sebelum kita ucapkan salam dan matur sembah nuwun.

    • @ Ki Demang Klungsu,

      Maturnuwun sampun kerso anjangsana lan anjangsini :wink:…

      Mengesankan sekali pengalamannya, sehingga bermanfaat untuk kita dalam memahami ilmu titen dengan alam.

      Hmmm, terkadang kupu-kupu pembawa pesan itu seperti layaknya bidadari saja di kehidupan alam nyata ini :)…

      Salam bidadari,

      Dewi

      • Hello dear Vanty,

        Terima kasih atas kunjungannya, So far sih kalau ada kupu-kupu apapun warnanya yang masuk ke rumah, biasanya pertanda akan ada teman atau tamu yang datang. Tapi bisa juga itu suatu kebetulan saja.

        Nah, gimana, apakah sudah ada teman atau tamu spesial yang datang ke rumah Vanty setelah melihat kupu-kupu itu? 🙂 …

  2. Tangal 3 november, hari minggu kemarin, sekitar jam 7-8 pagi, saya melihat kupu-kupu warna coklat muda dengan motif bintik-bintik hitam, ukuran sedang, tidak besar juga tidak kecil, ia cantik dan imut sekali, ia hinggap di selambu jendela saya, namun saya hanya melihatnya sekilas saja sambil berlalu lalang…

    Agak siangan sekitar jam 10 an, saya membuka internet dan ada inbox dari seorang teman, saya lihat inboxnya jam 6.24 WIB…

    “Dewi say, bu Kim besok mau ke Bali ada acara meeting dan presentasi, kalau ada waktu mungkin bu Kim bisa mampir ke tempatmu”…

    Saya senang sekali… Dan hari ini, siang tadi, bu Kim datang bersama temannya, mas Bagus dan dua anaknya: si Tom dan si Kevin bertandang ke tempat saya :)…

    Yah, walau tidak dapat lama, yang penting udah dapat mampir dan ngobrol… Terima kasih pada bu Kim yang telah baik hati meluangkan waktu untuk mengunjungi saya, juga terima kasih pada kupu-kupu… engkau memang bidadari pembawa pesan dan kesan, membuat hidup ini jadi lebih indah dan berwarna, penuh makna ^_^….

  3. makasih jg Dewi yg dgn senang hati menerima kami dan dan kami dilayani dgn sangat baik .. makasih banyak 2 buat Dewi dan kakek yg sangat baik hati.. ..dan satu hal lagi kita ketemu dgn teman di group SPFC mas Rama Jaka Surya .. yg tdk di sangka beliau jg ada di Denpasar .. jadi bertiga kita kopdar di KFC .. saya mas Bagus dan Mas Rama …terima kasih sdh bisa ketemuan .. makasih banyak terutama buat Dewi dan kakek .. semoga beliau sehat selalu …Tuhan selalu berkati Dewi dan kakek .. moga kita akan bertemu lagi .. Aminn

    • Maturnuwun bu Kim, kakek juga titip salam :)…

      iya so pasti bu, nanti kita pasti akan bertemu lagi, kalau belum bisa di bumi ya di kahyangan biasanya :wink:… xixixixixi…

  4. Nuwun….
    Bagi Paman Kupu2 disamping beautiful sekaligus mystery, banyak jenis dan spices nya, namun yg paling Paman suka adalah species Kupu2 Malam, abis waktu Paman Masih muda banyak bergaul dengan spicies ini bahkan ada kedekatan yg khusus, entahlah kenapa begitu, mungkin Paman cuma merasa Iba saja.
    oh ya ini entah kebetulan atao tidak ya, beberapa kali Paman di jumpai kupu2 warna sayapnya hitam putih, dlm rasa paman berkata ini pasti membawa simbul sesuatu, tp Paman jg bingung apa messege yg ia bawa, barang kali Dewi bisa bantu Paman dlm hal ini.
    Monggo di lanjut,

    Asah asih asuh.
    PD

    • @ Paman Dalbo,

      Sugeng enjang Paman…. he he he… yeah, namanya juga paman gitcu lho, akrab dengan semua orang dan golongan tak terkecuali si kupu-kupu malam :wink:… xixixixixi…

      Kupu-kupu memang berwarna-warni, yang berwarna hitam putih sepertinya kita semua juga pasti pernah menjumpai, namun kalau artinya itu apa saya juga kurang tahu paman, sudah saya tanyakan kepada teman, tapi nggak ada yang ngerti. ntar kalau ada yang tahu saya sharingkan lagi.

      Untuk sementara mungkin ulasan Ki Demang Klungsu di atas bisa di jadikan patokan/ referensi. tapi sebaik-sebaik pengalaman di jumpai kupu-kupu adalah pengalaman pribadi, maksutnya setiap orang pasti mempunyai pengalaman yang berbeda-beda, sekalipun jenis kupu dan warnanya sama :)…

      Salam kupu-kupu,

      Dewi

  5. Nyinauni, siklus hidup kupu

    METAMORFOSA
    :
    1. Kepompong ………………………………………………: diam , meneng,…ok
    2. Ulat, dominan berperilaku ” hidup utk makan “.: no
    3. Kupu kupu…………………………………………………: ini tuladha elok…. Dicermati dewE..he he he
    Semoga ketemu mustikaning lampah ‘kupu kupu’

    Ilmi Jawi,
    pandai baca fenomena Alam
    Cerdas mengambil pesan kejadian

  6. Sederek Sabda Dewi
    Sugeng dalu, ngapunten saderengipun

    :
    Tindak pundi kemawon.
    Dalem rewangi resiki lan sulaki Pendapa
    Munakawan dalem ngrantos ongkang keagungan Pendapa.

    Mugi saged lenggahan,rerembagan gayeng
    Ngunjuk kopi…sampun sae Pendapa nipun
    Keep smile, wise, cool
    Sugeng tindak ing Pendapa
    Dalem lenggahan ing Watu, pojok.

    Mugi Gumrenggeng Pendapa
    Rawuhipun priyagung priyagung
    Ngendikan kang adi guna
    Sae kagem tlatah kita sedaya
    Salam kagem sederek sedaya
    Kang Agung Binantara…………

    • @ SUARA,

      What a surprise, wellcome to my diary 😉

      Thank you so much, and so so sorry for being late to reply.

      Saya belum pernah semedhi apalagi ngebleng… he he he…

      Saya jarang nginguk ruang diary ini, malah blog sebelah/ tetangga yang sering saya kunjungi.

      Sehari-hari biasanya saya ‘nongkrong’ di pendopo, jadi saya memang tidak tahu ketika ada teman yang sowan disini, tapi pasti akan saya check sebulan sekali.

      Mungkin lain kali bisa ke pendopo bilang ‘dew, ada yang menyapa di diary’… nah, pasti saya akan segera datang ^_^

      Terima kasih banyak atas perhatian dan tulisan2nya 🙂

      Dewi

    • Terima kasih @ Mas Aris,

      Kupu-kupu warna apapun selalu membawa pesan pertanda baik selama ia tidak mati di dalam rumah, itu menurut pengalaman pribadi lho 🙂 …

  7. Wow, daebak. Hmmm, boleh nggak kalau aku buat cerita? Kayaknya seru deh. Kalo boleh, hubungin ya “novitaohsehun@gmail.com”
    Terima kasih ^v^

    • Dear Novita Jeon,

      Thank you for visiting, Oh yes sure, wah pasti seru… silahkan mbak, with my pleisure 🙂 …

      I wish you a very happy new year 2016 ❤

    • Hmmm, kemungkinan mbak Gita PS saat itu sedang berada di taman kupu2, atau bisa juga dari parfum/ softener yang masih menempel di pakaian, atau juga harum shampo di rambut yang membuat kupu2 betah di dekat mbak Gita 🙂 …

      Happy new year 2017 ❤

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s